09/08/11

Menikah itu pasti bradaaahh...Jomblo itu (baru) pilihan ^_^

“Gw jemput yee…kita buka bareng dirumah bos besar gw”, bunyi bbm dari salah seorang sahabat terdekat saya yang sembunyi-sembunyi saya baca diwaktu training sedang berlangsung dihari Sabtu yang panas kemarin.

“Heee?? Trus gw mo nyolong boy ditengah-tengah orang kantor lu gitu?” jawab saya sambil pura-pura mencatat materi training.

“Udeee….kagak bakal ada yg kepo nanya-nanya kok…paling juga mereka ngiranya lu cewe gw yang baru apa istri gw yang gak pernah gw publish” balesan yang masuk agak-agak bikin saya ingin memukul kepala si lelaki perlente yang sudah saya kenal sejak jaman kuliah dulu.

“Jiahahahaha…ciyalannn…berani bayar brape lu, diluaran sana ngajak cewe buat pura-pura gitu mehong (mahal-red) tau!!! Ogah ahhh..lagian gw ada janji ketemu calon klien gw ntar sore,skalian dinner bareng. Abis dinner aje kita nongkrong dimana gitu”, Alhamdulillah saya ingat kalau ada janji sore itu, sehingga tidak mengurangi pahala puasa saya nanti, berbohong didepan ratusan teman-temannya yang seperti biasa memberondongi dengan pertanyaan “kapan kawin bro?”.

“Bah…gitu yee…sekarang sibuknye udah ngalah-ngalahin Ani Yudhoyono yee…ckckck…ya udah,last minute gak jadi meeting, lu bbm gw, tar gw segera meluncur jemput ndoro putri. Lagian malam minggu kok meeting!!!” tetep dong dia meracuni dengan segala godaan dibulan puasa itu, hahahaha.

Hmmmm….bukan pertama kali sih, saya…yang masih berstatus jomblo gembira ini dipinjam ato dimintai tolong, bahkan tak jarang dipaksa oleh beberapa sahabat yang merasa status jomblo mereka itu adalah masalah besar dalam lingkup pergaulan. Masalah khas para kalangan sosialita ibukota (halah), yang menjadi momok ketiga terbesar setelah tagihan kartu kredit di awal bulan dan pemutusan kontrak kerja bagi para karyawan kontrak (yak..dan saya makin ngelantur,hahaha).

Pernah suatu ketika, diminggu pagi yang indah, tiba-tiba saya dikejutkan dengan bunyi selular pintar kesayangan. Ternyata dari salah seorang sahabat (lagi), yang meminta saya segera mandi tanpa memperbolehkan saya bertanya, kemana gerangan saya akan dibawa. Dijalan dia cuma menginstruksikan untuk berpura-pura jadi calon tunangannya dia didepan keluarga besar ayahnya yang datang dari Jawa, sambil sibuk memperingatkan saya untuk berperilaku ayu bak putri keraton terutama cara berjalan saya jika berkebaya. What?!?! Emang ada acara apaan yah!?!?

Jrengg…jrenggg…sesampainya saya disana, langsung digiring kekamar rias gedung, disuruh mengenakan pakaian seragam khusus keluarga besar (kata sahabat saya “gak sia-sia gw nemenin lu beli baju selama 2 tahun mak, gw jadi tau ukuran lu yang rata depan belakang itu”…sialan), dimana didalamnya penuh dengan keluarga calon penganten yang merupakan sepupu dari pihak ayahnya, dan sebagian besar berisi ibu-ibu priyayi cerewet yang memberondong saya dengan segala pertanyaan khas keluarga yang ingin tau babat bibit bobot calon anggota baru keluarga mereka.

Hohoho… Jangan bilang nama saya Shinta kalau saya tidak bisa berdiplomasi dan menjawab dengan jawaban super manis plus tampang super kalem, sambil dalam hati mengutuk sahabat saya dan berjanji akan meminta “bayaran” yang sangat amat besar untuk peran dadakan kali ini. Hasilnya, seminggu penuh saya bebas makan direstoran seantero Jakarta manapun yang saya pilih, karena ternyata semua keluarganya puas dengan “hasil wawancara dadakan” mereka, dan membuat sahabat saya bebas dari upaya perjodohan yang akan dilakukan oleh keluarganya jikalau di acara tersebut sahabat saya datang sendirian. Ketika saya tanya “Lhaa…kalo nanti mereka nanya kapan kawin, lu mo jawab apa?”, dengan enteng sahabat saya menjawab “Ya gw jawab aja ntar “Aku masih mencoba ngenalin karakternya dia Bu De, nanti tak kabari kalau udah pasti tanggalnya. Lagian cewe jaman sekarang udah mandiri Bu De,nda bisa dipaksa, nanti lari, saya bingung nyari yang cocok lagi”….beresss, tar didiemin aja sampe sodara gw ada lagi yang kewong, baru nyari lagi yang laen. Kalo pas lu kebetulan ada di Jakarta, ya siap2 lagi ajah…hahahaha”.

Fenomena pasangan kagetan dikalangan anak Jakarta memang bukan hal baru. Diantara beberapa komunitas saya, memang banyak yang masih betah melajang, tentunya dengan berbagai alasan khas penghuni kota besar misalnya masih ingin bebas lah, belum ketemu yang pas lah, masih mengejar karir lah, dan lain lain, dan lain lain. Saya merupakan salah satunya yang mempunyai berjuta alasan untuk berkelit jika ditanyain “kok belum punya pacar?”. Untung saja di KTP tidak ada spesifikasi status seperti punya pacar atau tidak, hahahaha.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari menjomblo seperti sekarang, apalagi dengan jiwa sosial yang rajin menolong seperti saya ini,hahahaha. Banyak teman dan sahabat yang sudah saya “tolong” ketika berada dalam keadaan “malas sendiri” ato “tidak boleh sendiri”. Sebenarnya sih, pada pelaksanaannya, saya tidak pernah meminta bayaran dalam bentuk apapun kok, karena saya tau persis, apa rasanya menghadapi berondongan tatapan sinis ingin tau atopun pertanyaan menghakimi dari “orang luar” yang ngasih makan pun tidak tapi sangat pengen tau urusan orang lain yang sangat banyak bertebaran disekeliling kami, para jomblo gembira ini. Cuma yah, mereka tau diri kok, ditengah jadwal saya yang padat merayap ala jalan Sudirman Thamrin jam 6 sore, ada rayuan plus upeti khusus yang wajib mereka siapkan agar saya mau meluangkan waktu *minta dilempar,hahaha.

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan saya selama ini adalah “emang kenapa gitu harus jomblo? Takut dibilang gak laku? Takut dibilang penyuka sesama jenis? Takut dibilang terlalu sibuk lalu gak punya waktu nyari pasangan?”… Yellowwww… banyak banget hal yang harus ditakutkan dalam hidup kita tiap harinya, seharusnya yang harus kita takutin itu misalnya 5 tahun lagi, hal besar apa yang sudah kita capai yang beda daripada orang lain?, atau apakah kita sudah bisa membuat orang tua kita bahagia (setidaknya 1 hal yang benar-benar bisa dia banggakan kepada teman-temannya lah).

Buat saya, hidup terlalu biasa itu malah tidak masuk dalam kamus saya. Semakin ajaib, semakin menyenangkan. Untung keluarga inti saya sangat menghargai keputusan saya jomblo sampai sekarang. Semuanya kan memang tergantung kita menjelaskan kepada keluarga inti, mau dibawa kemana alur hidup kita. Pencapaian dan tujuan yang jelas, dijalani dengan cara unik khas saya, membuat saya tenang menghadapi segala pertanyaan seputar kejombloan ini. Tidak pernah lupa, sujud menyembah Sang Maha Pencipta segala keajaiban otak saya ini, karena tanpa kuasaNya, semua tidak akan pernah seindah dan semenyenangkan sekarang.

Sebagai sahabat yang baik, tentunya saya sering bertukar pikiran dengan para sahabat yang sering merasa kelabakan dengan status lajangnya itu. Tidak harus diterima mentah-mentah sih, namanya juga bertukar pendapat. Tak jarang, ada adu argumentasi untuk itu, karena saya juga sadar, masing-masing orang punya latar belajang yang berbeda, tergantung pemahaman mereka saja. Hidup itu pilihan, mau hanya sekedar menjalani dengan cara biasa untuk bertahan hidup atau mau ekstra berkreasi untuk menikmati hidup? Pilihan ada ditangan kita masing-masing kawan.

Walaupun ujung-ujungnya, tetap ada saja hal seperti ini:

Mereka: “Oke Shin, mulai sekarang gw akan bangga dan pede dengan status gw, peduli setan siapa yang nanya”

Saya: “Baguss!!! Gitu donk…kalo bukan kita yang mengawali rasa bangga terhadap diri sendiri, mo mengharapkan dari siapa lagi?” jawaban khas motivator dadakan saya keluar

Mereka: “Tapi Shin…hehehe…in case ada neh…kalo kalo neehh..gw lagi kejepit gak bisa ngeles, lu tetep mau gw ajak kan Shin?” diucapkan dengan mata berbinar kayak kucing ngarep ikan dari bawah meja

Saya: “Hadehhh…terserah lah!!! Asal lu pade mampu bayar tariff guwehhh!!!!”


“Be who you are and say what you feel, because those who mind don’t matter, and those who matter don’t mind.” *Dr. Seuss*



Didedikasikan untuk para sahabat lelaki saya, yang menganggap jomblo itu 3 P, Pilihan, Prestasi, dan Populer....jiahahahaha


Jakarta, 9 Agustus 2011

Menara BCA, ditengah meja kerja yang berantakan nauzubillah ditemani berbagai berkas dan deretan foto para orang kesayangan ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar